Pages

Subscribe:

Pengikut

Senin, 11 April 2011

Software di jaringan

KESIMPULAN :
                       Software di jaringan adalah Perangkat lunak / sekumpulan
alat elektronik yang disimpan dan diaturoleh komputer, data elektronik
yang disimpan oleh komputer.

Software Jaringan & Protokol Jaringan Komputer Internet 
1. Sistem operasi jaringan
Os jaringan yang muncul pertama kali adalah SO Unix pada tahun 1969 diperusahaan AT & T. Sekarang sudah banyak sistem operasi jaringan bahkan Microsoft mempunyai sistem operasi yang memiliki rancangan dasar seperti unix yaitu Windows NT. Syarat utama suatu OS dapat menjamin SO jaringan adalah :
- Stabil- Aman- Mendukung jaringan secara Native- Multi User- Dapat melakukan operasi multitasking- Dapat mendukung penggunaan hardware dalam skala besar  2. Protocol
Protocol dapat disebut bahasa komunikasi antar jaringan komputer, di bawah ini macam - macam protocol:
a. Net BeuiNet Beui merupakan protocol yang banyak digunakan dalam jaringan lokal berbasis SO windows. Protocol ini sangat baik dan cepat untuk bersharing data namun protocol ini tidak dapat dirouting.b. IPx & SPx ( Internetwork paket exchange / Sequnce paket exchange )Protocol hampir sama bahkan mirip dengan NetBeui hanya saja perbedaanya protocol ini dapat di routing jadi dapat memungkinkan terjadinya MAN.c. Protokol yang dikembangkan oleh OSI / ISOProtocol ini sudah digunakan oleh beberapa institusi, sayangnya segala informasi tantang protocol ini harus debeli melaui ISO dan hal ini yang menyebabkan perkembangan ISO'OSI menjadi Lambat.d. TCP / IP ( Transmition Control Protocol / Internet Protocol )TCP / IP adalah protocol yang digunakan di jaringan global karena memiliki sistem pengalamatan yang baik dan memiliki sistem pengecekan data. saat ini terdapat 2 versi TCP/IP yang berbeda dalam sistem penomoran, yaitu IPv4 ( 32 bit ) dan IPv6 ( 128 bit ).
Ciri - ciri yang terdapat di protol TCP/IP adalah :- standard protocol TCP/IP dalam bentuk RFC dapat diambil oleh siapapun tanpa biaya.- tidak tergantung pada sistem operasi atau hardware tertentu.- pengembangannya berdasarkan consensus dan tidak tergantung pada vendor tertentu- dapat digunakan hampir di semua perangkat transmisi- pengalamatan bersifat unix dalam skala global- memiliki banyak layanan dan bisa ditetapkan pada internetwork
Dalam dunia internet tidak ada suatu badanpun yang berhak mengatur jalannya internet secara umum. Ada lembaga khusus yang menangani protocol yaitu :
- Internet society, bertugas mendukung dan mempromosikan pertumbuhan internet sebagai sarana komunikasi untuk riset.- Internet Architecture Board ( IAB ), badan penasihat teknis bagi internet society, IAB mempunyai wewenang untuk menerbitkan dokumen standar Internet.- Internet Egineering TaskForce ( IETF ), badan yang berorientasi membentuk standar internet. Badan ini dibagi menjadi 9 kelompok, masing - masing kelompok kerja tersebut adalah: kelompok kerja routing, aplikasi, addresing, keamanan komputer dan lain- lain.- Internet Research Task Force ( IRTF ), lembaga untuk pemilihan standarisasi dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar